| Beranda | Saran | Buku Tamu | Kontak Kami | PU-Net |
pengunjung.jpg
mod_vvisit_counterHari ini277
mod_vvisit_counterKemarin1024
mod_vvisit_counterMinggu ini2193
mod_vvisit_counterBulan ini18772
mod_vvisit_counterTotal3462534
Sejak Juli 2006
Halaman Utama Berita Penyelenggaraan JDIH

Penyelenggaraan JDIH
Penyelenggaraan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Batam - Bertempat di Hotel Allium Batam, Komplek Panorama Nagoya, dilaksanakan kegiatan Penyelenggaraan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dan dilaksanakan pada  tanggal 9-11 Agustus 2017.  Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Hukum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Siti Martini serta sambutan selamat datang yang disampaikan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera IV.

Siti Martini dalam pembukaan kegiatan ini mengatakan bahwa setiap Badan Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam pasal 7 ayat 3 wajib membangun dan mengembangkan sistem  informasi  dan  dokumentasi  untuk  mengelola  informasi  publik  secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat diakses dengan mudah. Bahkan lebih lanjut setiap Badan Publik perlu melakukan pengelolaan  informasi  dan  dokumentasi  yang  dapat  menjamin  ketersediaan informasi yang dapat diakses dengan mudah, cepat dan akurat.

Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non elektronik.

Penyajian dokumen hukum, telah diatur oleh Peraturan  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 31/PRT/M/2016 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang disingkat dengan JDIH PUPR.  JDIH PUPR adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, dan cepat di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam kegiatan Penyelenggaraan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diikuti oleh peserta berasal dari Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal, Badan-Badan, serta Balai-balai di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebanyak 40 orang.

Materi dan Narasumber dalam Kegiatan penyelenggaraan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum di Lingkungan Kementerian PUPR adalah:

  • Organisasi JDIH Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat oleh Kepala Biro Hukum Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Siti Martini.
  •  Integrasi Data Perundang-undangan dan Peranan JDIHN dalam Pengembangan Hukum Nasional dibawakan oleh Kepala Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum Pusat, Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional, Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM
  • JDIH Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dibawakan oleh Kepala Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum, Biro Hukum.
  •  Kebijakan Sistem Manajemen Pengamanan Informasi Penyelenggara Sistem Elektronik, oleh Kasubdit Penyidikan dan Penindakan, Direktorat Keamanan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika.
  •  Keamanan Jaringan Komunikasi di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat, oleh Kepala Sub Bidang Sistem Infrastruktur dan Teknologi Informasi, Pusat Data dan Informasi, Setjen Kementerian PUPR

 Batam, 10-08-2017

 
Aplikasi
Right-Icon-Login.jpg