| Beranda | Saran | Buku Tamu | Kontak Kami | PU-Net |
pengunjung.jpg
mod_vvisit_counterHari ini42
mod_vvisit_counterKemarin296
mod_vvisit_counterMinggu ini1235
mod_vvisit_counterBulan ini16353
mod_vvisit_counterTotal3351545
Sejak Juli 2006
Halaman Utama Berita Sosialisasi-JDIH-Banten

Sosialisasi-JDIH-Banten

SOSIALISASI INFORMASI/ KOMUNIKASI/ PRODUK AUDIO VISUAL/ SISTEM APLIKASI

Banten –   Kita semua mengetahui bahwa informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik ataupun non elektronik. Hal tersebut disampaikan dalam acara pembukaan Sosialisasi Informasi/ Komunikasi/ Produk Audio Visual/ Sistem Aplikasi pada tanggal 1 Juni sampai dengan 2 Juni 2016, bertempat di Atria Hotel Gading Serpong, Tangerang – Banten.

Setiap Badan Publik sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dalam pasal 7 ayat 3 wajib membangun dan mengembangkan sistem  informasi  dan  dokumentasi  untuk  mengelola  informasi  publik  secara baik dan efisien sehingga layanan informasi dapat memberikan akses dengan mudah. Bahkan lebih lanjut setiap Badan Publik perlu melakukan pengelolaan  informasi  dan  dokumentasi  yang  dapat  menjamin  penyediaan informasi yang mudah, cermat, cepat dan akurat

Diselenggarakannya Sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya peran Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum dalam penyebarluasan produk hukum sebagai wadah  pendayagunaan bersama  atas dokumen hukum secara tertib, terpadu, dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat. Sejalan dengan keterbukaan informasi publik ditandai dengan  adanya tuntutan  tata kelola kepemerintahan yang baik (Good  Governance)  yang  mensyaratkan  adanya akuntabilitas,  transparasi  dan  partisipasi  masyarakat  dalam  setiap  proses terjadinya kebijakan publik.

Narasumber kegiatan ini berasal dari Biro Hukum Kementerian PUPR, BPHN Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Komunikasi Informasi, PUSDATIN Kementerian PUPR. Materi yang disampaikan dalam Sosialisasi Informasi/Komunikasi/ Produk Audio Visual/Sistem Aplikasi ini adalah:

o  Implementasi Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

o  Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum dalam Menunjang Sistem  Hukum Modern.

o  Pengelolaan JDIH Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

o  Implementasi dan Implikasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang  Informasi dan Transaksi Elektronik

o  Pengelolaan   Keamanan   Infrastruktur   Teknologi   Informasi   dan   Sistem Informasi di Lingkungan Kementerian PUPR.

 

Dalam Undang-Undang ITE, keamanan sistem sangat perlu diperhatikan, yaitu pemanfaatan TIK dalam penyelenggaraan e-government harus memperhatikan asas manfaat, prinsip kehati-hatian, itikad baik, dan netral teknologi. Perlu diperhatikan pula bahwa Sistem Elektronik rentan terhadap ancaman dan serangan. Beberapa langkah dalam mendukung keamanan penyelenggaraan e-goverment seperti penggunaan tandatangan elektronik, sertifikat elektronik, sertifikat keandalan/trustmark yang telah diatur dalam Undang-Undang ITE.

Pusdatin dalam menunjang kegiatan di Kementerian PUPR telah memiliki Data Center berupa Virtual Private Server, yaitu suatu teknologi yang memungkinkan sebuah atau gabungan komputer (server) dengan kapasitas sumber daya yang sangat besar dapat dibagi-bagi menjadi beberapa virtual komputer yang mandiri.

Tidak kalah pentingnya adalah Pusdatin telah lama menyediakan sarana E-mail atau surat elektronik yang dapat digunakan oleh semua warga Kementerian PUPR dengan persetujuan atasan. Alasan kenapa harus menggunakan E-mail kementerian yaitu dengan pertimbangan menjaga keamanan data/informasi dan bersifat resmi. Tidak dianjurkan menggunakan E-mail gratis yang tersedia di luar seperti Yahoo, Gmail dan sebagainya.

 

 
Aplikasi
Right-Icon-Login.jpg