| Beranda | Saran | Buku Tamu | Kontak Kami | PU-Net |
pengunjung.jpg
mod_vvisit_counterHari ini29
mod_vvisit_counterKemarin457
mod_vvisit_counterMinggu ini989
mod_vvisit_counterBulan ini11019
mod_vvisit_counterTotal3749269
Sejak Juli 2006
Halaman Utama Berita Konsultasi Dan Bimbingan Hukum

Kegiatan Konsultasi Dan Bimbingan Hukum

Balikpapan, 26 s.d. 27 Juni 2014

 

IMG_0313.JPGKegiatan Konsultasi dan Bimbingan Hukum yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 26 s.d. 27 Juni 2014 bertempat di Hotel Mega Lestari, Balikpapan Kalimantan Timur. Kegiatan ini dihadiri antara lain para Kepala Satuan Kerja (Satker) dan PPK di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Balai Pelaksana Jalan Nasional V Surabaya, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Bagian Hukum Setditjen Cipta Karya, Bagian Hukum Setditjen Sumber Daya Air, para Satker Jalan Tol Tanjung Priok, dan Pegawai di lingkungan Sekretariat Jenderal,

 

Kegiatan Konsultasi dan Bimbingan Hukum dibuka oleh Kepala Bagian Bantuan Hukum I, Putranta Setyanugraha, SH. M.Si. Dalam sambutannya Putranta mengatakan bahwa pembangunan bidang hukum merupakan suatu proses yang harus dilaksanakan secara terus menerus, karena setiap kemajuan akan menuntut perubahan-perubahan yang lebih maju lagi dalam lingkungan masyarakat yang terus berubah. Apalagi dalam era reformasi masyarakat semakin kritis dan semakin berani untuk menilai dan mengkritik atas kelangsungan hidup bernegara, sehingga sebagai aparatur negara perlu dibekali pemahaman terhadap norma-norma hukum dan penerapannya.

 

Kegiatan ini  dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman bidang hukum bagi Pejabat, staf di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum maupun Balai serta Satuan Kerja khususnya yang ditugasi untuk menangani bidang hukum dan bidang-bidang lainnya yang berkaitan dengan aspek hukum. Tujuannya agar dapat menjadi pegangan dan acuan bagi para pelaksana apabila timbul permasalahan yang berkaitan dibidang hukum, sehingga akan mampu menyelesaikan sesuai norma yang ada serta menghindari tuntutan-tuntutan hukum yang dapat berakibat merugikan para pihak.

 

Adapun Materi dan Narasumber dalam kegiatan ini adalah:

  1. Peraturan Menteri PU No. 600 Tahun 2005 tentang Pedoman Bantuan Hukum di Lingkungan Dep. PU, dan Tantangan Mengenai Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Kementerian Pekerjaan Umum dengan narasumber dari Biro Hukum.
  2. Penanganan dan Pemeriksaan Dalam Proses Perkara Perdata dan Pidana narasumber berasal dari Pengadilan Negeri Balikpapan.
  3. Peran Polisi Sebagai Penyelidik dan Penyidik Dalam Kasus Tindak Pidana Khusus dari  Polisi Daerah Kalimantan Timur. dan
  4. Penanggulangan Tindak Pidana Korupsi Untuk Mewujudkan Good Governance dari Kejaksaan Negeri Balikpapan.
 
Aplikasi
Right-Icon-Login.jpg